Pages

Ads 468x60px

Selasa, 05 Mei 2015

Tipe Serat Optik

Berdasarkan faktor struktur dan properti sistem transmisi yang sekarang banyak diimplementasikan, teknologi serat optik terbagi atas dua kategori umum, yaitu :

1. Serat optik single mode

Serat optik single mode adalah sebuah sistem transmisi data berwujud cahaya yang hanya terdapat satu buah indeks sinar tanpa terpantul yang merambat sepanjang media tersebut dibentang. Satu buah sinar yang tidak terpantul didalam media optik tersebut membuat teknologi serat ini hanya sedikit mengalami gangguan dalam perjalanannya. Itu pun lebih banyak gangguan yang berasal dari luar maupun gangguan fisik saja. Single mode dilihat dari segi strukturnya merupakan teknologi serat optik yang bekerja menggunakan inti (core) serat yang berukuran sangat kecil dan diameternya bekisar 8 sampai 10 . Single mode dapat membawa data dan bandwidth yang lebih besar dibandingkan dengan multimode serat optik, tetapi teknologi ini membutuhkan sumber cahaya dengan lebar spectral yang sangat kecil. Single mode dapat membawa data dengan lebih cepat dan 50 kali lebih jauh dibandingkan dengan multi mode. Inti serat yang digunakan lebih kecil dari multi mode dengan demikian gangguan-gangguan didalamnya akibat distrosi dan overlapping pulsa sinar menjadi berkurang. Inilah yang menyebabkan single mode serat optik menjadi lebih stabil, cepat dan jauh jangkauannya.

 b. Multi mode

serat optik Multi mode serat optik merupakan teknologi transmisi data melalui media serat optik dengan menggunakan beberapa buah indeks cahaya di dalamnya. Cahaya yang dibawanya tersebut akan mengalami pemantulan berkali-kali hingga sampai ditujuan akhirnya. Banyaknya mode yang dapat dihasilkan oleh teknologi ini bergantung dari besar kecilnya ukuran inti serat dan sebuah parameter yang diberi nama Numerical Aparture (NA) (Yuhardian,2006).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates