Pages

Ads 468x60px

Senin, 04 Mei 2015

Cahaya Matahari Termasuk Gelombang Bola?

Gelombang didefinisikan sebagai energi getaran yang merambat. Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang berfikir bahwa yang merambat dalam gelombang adalah getarannya atau partikelnya, hal ini sedikit tidak benar karena yang merambat dalam gelombang adalah energi yang dipunyai getaran tersebut. Dari sini timbul benarkan medium yang digunakan gelombang tidak ikut merambat? padahal pada kenyataannya terjadi aliran air di laut yang luas. Menurut aliran air dilaut itu tidak disebabkab oleh gelombang tetapi lebih disebabkan oleh perbedaan suhu pada air laut. Tapi mungkin juga akan terjadi perpindahan partikel medium, ketika gelombang melalui medium zat gas yang ikatan antar partikelnya sangat lemah maka sangat dimungkinkan partikel udara tersebut berpindah posisi karena terkena energi gelombang. Walau perpindahan partikelnya tidak akan bisa jauh tetapi sudah bisa dikatakan bahwa partikel medium ikut berpindah.
Pertama kita harus memahami definisi dari gelombang bola terlebih dahulu. Gelombang bola merupakan rambatan getaran energi yang dipancarkan kesegala arah sehingga membentuk permukaan seperti bola.
Oleh sebab itu, cahaya matahari dapat digolongkan sebagai gelombang bola. Karena penyebarannya membentuk seperti permukaan bola.
Ketika cahaya matahari menyinari bumi, berkas cahaya akan mengenai seluruh permukaan bumi (selain bagian bumi yang membelakangi matahari). Dalam proses penyinaran tersebut, cahaya matahari merambat tidak memerlukan medium perambatan, sehingga panjang gelombangnya tidak berpengaruh terhadap penyinaran cahaya matahari ke bumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates