Pages

Ads 468x60px

Selasa, 10 Maret 2015

PRINSIP-PRINSIP SUATU RADIOGRAFI



Radiografi adalah gambaran suatu bahan (objek) pada film photografis yang dihasilkan dengan melewatkan sinar X atau sinar ɤ melalui bahan tersebut. Jadi dasar radiografi adalah mendioteksi perbedaan suatu kerapatan bahan yang digambarkan sebagai gelap dan terang pada film. Bagian gelap sesuai dengan bahan yang mempunyai kerapatan (ρ) rendah, karena mengasorbsi intensitas radiasi lebih sedikit dari kerapatan yang tinggi.
Kualitas radiografi adalah kemampuan radiografi dalam memberikan informasi yang jelas mengenai objek atau organ yang diperiksa. Kualitas radiografi ditentukan oleh beberapa komponen antara lain: densitas, kontras, ketajaman, dan detail Kualitas radiografi meliputi, sebagai berikut :
1. Densitas Gambaran hitam pada hasil radiografi ditetapkan sebagai densitas. Hasil densitas yang semakin baik terdapat pada area yang dimana sinar-x ditangkap oleh film dan dikonversikan ke warna hitam, silver metalik
2. Kontras
Yang dimaksud dengan kontras adalah perbedaan dalam densitas dibeberapa tempat pada radiografi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kontras adalah:
o Relatifitas transparansi sinar-x terhadap beberapa struktur pada radiografi
o Tipe film yang digunakan,
o Pemerosesan film yang digunakan,
o Intensfying screen,
o Tegangan (kV) dan
o Pemecahan sinar radiasi
3. Sharpness
Ketajaman gambar pada radiograf mengindikasikan penandaan yang tajam pada beberapa struktur yang terekam. Radiografi dikatakan memiliki ketajaman optimum apabila batas antara bayangan satu dengan bayangan lain dapat terlihat jelas. Ketidaktajaman radiografi dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain:
 a) Faktor geometri Seperti yang di uraikan di atas karena bentuk sumber bukan beberapa titik tetapi mempunyai beberapa garis tengah maka sering terjadi gangguan pada bayangan sesungguhnya.
4. Detail
Detail merupakan kualitas radiografi berdasarkan ketajaman dilihat dari garis luar yang membentuk gambar dan kontras antara beberapa struktur yang terekam. Jika garis luar yang membentuk gambar sangat jelas dilihat dan kejernihan detail ini dapat dikatakan bagus. Detail radiografi menggambarkan ketajaman dengan struktur-struktur terkecil dari radiografi. Faktor-faktor yang berpengaruh pada detail adalah faktor geometri antara lain ukuran focal spot, FFD (Focus Film Distance) dan FOD (film Object Distance).


(M` Obrian, 2009)

1 komentar:

  1. waa,,,keren sekali blog nya.....http://1.bp.blogspot.com/-Hi5uDzi9kd8/UUvGr_zDguI/AAAAAAAAB00/kRWBgEYmvHo/s000/30.gif

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates